AYO KOMEN REK!!


-pentingnya sebuah komentar bagi blogger –

Komentar merupakan bagian penting dari blog. Ibarat tanggal 25 ???? yups tanggal terima gaji🙂 setetes air di padang  pasir.    hahhha dramatisir banget …Intinya komen sangat penting bagi blogger karena dengan itu mereka tahu bahwa posting mereka tidak sia-sia. Setidaknya begitu yang saya tangkap, namun relatif sedikit reader / penggunjung blog di Indonesia yang mau meluangkan komentar setelah membaca bahkan copy paste sebuah blog.

Dalam posting ini saya ingin berbagi manfaat  komentar dalam dunia persilatan per’blogging’an. Dua kesimpulan adalah bahwa komentar penting untuk umpan balik dan ekspresi diri dan untuk membangun hubungan sosial. komen sangat bermanfaat untuk  menyumbangkan konten dan berguna untuk optimasi mesin pencari (mbah Gooooogle).

Tujuan komentar blog

Yang menjadikan sebuah blog interaktif dan sosialis adalah komentar. Blog-blog yang sangat poppuler memiliki komunitas sangat interaktif yang sering-sering menyuarakan opini mereka pada postingan-postingan di blog. Orang-orang menyukai untuk merasa terlibat. Meninggalkan komentar memungkinkan pembaca mengikuti percakapan tentang topik yagn menarik buat mereka.

Manfaat komentar blog bagi blogger

Komentar blog ibaratnya darah bagi sebuah blog. Yang membedakan antara blog dengan website statis adalah komentar. Disaat percakapan terjalin, hubungan anda dengan pembaca juga akan terjalin dan popularitas blog anda pun akan meningkat. Doronglah pembaca blog anda untuk ikut dalam diskusi dan meninggalkan komentar serta berikan respons yang cepat terhadap komentar yang ditinggalkan oleh pembaca anda sehingga mereka merasa dihargai. Ibaratnya anda tidak suka ketika diabaikan apabila anda menyapa seseorang, maka jangan mengabaikan pembaca blog anda ketika mereka menyapa anda melalui sebuah komentar.

Manfaat lain komentar blog

Salah satu aspek menarik dari komentar blog adalah fakta bahwa orang-orang yang meninggalkan komentar di blog anda sekaligus meninggalkan tautan (link) ke blog atau website lain atau blog mereka sendiri untuk lebih menindaklanjuti percakapan. Tautan-tautan (link) ini bisa menjadi sumber yang sangat berharga untuk membantu anda mencari blog-blog baru yang akan dibaca dan sekaligus mencari ide-ide baru untuk menulis di blog anda. Disamping itu, blogger bisa meninggalkan trackback di blog anda melalui komentar blog ketika mereka link dengan post-post blog anda pada blog mereka. Trackback merupakan cara lain untuk membantu anda membangun hubungan dengan blogger-blogger lain serta menarik traffic (pengunjung) baru ke blog anda dari tautan-tautan pada blog-blog lain tersebut.

Selain itu komentar blog bisa membantu mengoptimalkan ranking website anda di search engine. Bukan hanya postingan yang dimunculkan di hasil mesin pencari, tetapi seringkali hasil pencarian yang muncul di search engine bukan artikel atau postingan seperti yang anda harapkan ketika mencari informasi, tetapi komentar, karena komentar dianggap sebagai isi dari artikel/tulisan. Komentar blog dan komentar forum sering mendapatkan prioritas tinggi dalam hasil pencarian search engine.

Inilah beberapa alasan mengapa memberi komentar oleh pengunjung dan menanggapi komentar oleh pemilik blog sangat penting bagi anda sebagai seorang blogger. Buat pengunjung/pembaca blog jangan sungkan-sungkan untuk memberi komentar dan buat para pemilik blog belajarlah untuk tidak mengabaikan seseorang yang telah menyapa anda melalui sebuah komentar.

Kata terakhir dari saya : AYO KOMEN REK!!

Ucapan terimakasih kepada:

Allah swt, Nabi besar Muhammad SAW, Keluarga dirumah, keluarga di harma, masyarakat  Indonesia, teman sekolah, teman kuliah, teman macul, teman nguli, teman bakul pulsa dll

-hidup maju-


3 Comments on “AYO KOMEN REK!!”

  1. Kasih koment gak ya….??

    Bang,Klo yg koment banyak,berarti tanggal 25 juga banyak juga dunkk….kkk…Sukses selalu bang!!

  2. menantihujan says:

    Yo mesti rek bahkan sak lemburane metu kabeh :))
    Btw satu bulan lalu aku baca artikel wordpress edisi inggris yang sudah tak ‘sarikan’ dengan artikel artikel lain yang sejenis tentang etika berkomentar disini http://wp.me/pQ0qf-6R

    Mungkin isinya kontradiktif dengan postingan ini cuma yang penting tetep lah berkomentar karena menghargai karya orang juga Ibadah….begitu kira-kira…

    Sukses juga Bang Nugros. Terima kasih

  3. Botog Time says:

    botog time


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s