Berkomentar dalam sebuah blog, apakah ada etikanya?


Sebagai blogger, komentar mana yang akan anda ‘approve’?

 atau

  • xxxx
    “Apakah keberanian itu? ini pertanyaan yang tidak akan pernah menemukan jawaban yang pasti dan kekal…tetapi, jika pertanyaannya diubah menjadi, keberanian yang mana? dan saya menunjuk keberanian sokrates. Maka pertanyaan (nietzschean) ini akan menemui nasib yang berbeda….bla… bla..bla..”
Kalau saya lebih ‘prefer’ yang kedua, tentu saja. Karena komentar tersebut memenuhi unsur etika dalam berkomentar, dan yang lebih penting lagi, ditulis dengan maksud untuk menjalin hubungan, bukan untuk mempromosikan diri.

Membangun hubungan antar blogger adalah strategi yang jauh lebih efektif dan bermanfaat untuk menarik pengunjung ke situs maupun blog anda dibanding menjadi spamer, jadi jika anda tertarik untuk meningkatkan jumlah pengunjung, tanamkan tips berikut dalam pikiran ketika anda meninggalkan komentar pada posting orang lain:

  1. Berkomentar yang spesifik, tunjukan kepada penulis bahwa anda benar-benar tertarik pada apa yang mereka katakan, dan bahwa anda benar-benar meluangkan waktu untuk membaca apa yang telah mereka tulis. Ini tidak berarti anda perlu untuk menulis komentar panjang, pastikan untuk menyampaikan mengapa anda merasa harus berkomentar; Apakah anda belajar sesuatu yang baru? Apakah anda memiliki pengalaman serupa? Apakah anda ingin menyuarakan perspektif yang berbeda? Mengutip tulisan jika diperlukan untuk menjelaskan kalimat tertentu yang ingin anda tanggapi.
  2. Bahkan jika anda hanya ingin memberikan pujian pada hasil karya orang, jelaskan apa yang anda sukai. Hindari komentar samar seperti “Bagus!! Hebat! terima kasih untuk berbagi. ” Jika anda tidak yakin harus berkata apa, pertimbangkan untuk menggunakan tombol Suka untuk menunjukkan dukungan anda.
  3. Jangan meninggalkan link ke blog anda. Ketika anda meninggalkan komentar, nama anda secara otomatis akan menjadi sebuah link ke blog anda, sehingga tidak perlu untuk memasukkannya dua kali. Terang-terangan promosi diri tidak disukai dan cenderung diabaikan, jadi hati-hati agar reputasi anda tidak rusak dengan menciptakan persepsi bahwa anda spammer.
  4. Tetap di topik. Berhati-hatilah untuk tidak menyimpang terlalu jauh dari subjek posting asli. Jika anda keluar topik untuk berargumen dengan komentator yang lain, kirim pesan kepada mereka secara langsung untuk menghindari banyaknya komentar pada posting tersebut. Ini sangat diterima untuk berbagi link yang relevan, pastikan untuk menjelaskan bagaimana mereka berhubungan dengan posting asli.
  5. Santunlah! Bahkan jika anda tidak setuju dengan seseorang, tidak pantas untuk menggunakan bahasa yang kasar atau penghinaan lainnya. Komentar kasar tidak menambah nilai apapun untuk diskusi, dan hanya mengalihkan perhatian dari karya penulis. Sangat baik untuk menawarkan kritik yang membangun, hanya bersikap sopan. Jika anda melihat orang lain menulis komentar tidak sopan atau memancing emosi, atau bahkan anda menerima komentar seperti itu di blog anda sendiri, abaikan / hapus saja. Menanggapi mereka hanya akan membuat mereka semakin agresif, jadi jangan buang waktu anda.
  6. Tetap singkat. Usahakan meringkas komentar, semakin mudah bagi orang lain untuk membaca dan menanggapi. Bila dirasakan perlu, kita bisa membuat postingan baru yang menyatakan ketidak sependapatan kita. Lalu, kita beri tautan link dalam kolom komentar sehingga bisa terbaca oleh si pemilik blog. Dalam dunia tulis menulis, sudah berkembang suatu etika bahwa ketika kita tidak setuju dengan tulisan seseorang, maka kita harus meresponnya juga lewat tulisan.

Berkomentar memang menjadi hak pribadi bagi tiap pembaca. Namun, alangkah baiknya jika hal itu dilakukan dengan etika. Kolom komentar adalah kolom dimana berbagai pemikiran bertemu untuk saling memberi pencerahan. Tidak elok rasanya jika kolom komentar kita isi dengan kata-kata kasar penuh celaan, cemoohan, dan hinaan. Kita harus membuka hati dan  pikiran bahwa tiap pembaca memiliki pandangan masing-masing yang itu harus kita hargai.

Semoga bermanfaat dan pesan saya TETAPLAH RAJIN BERKOMENTAR karena sebuah tulisan diposting dengan tujuan untuk dibaca dan diberi ‘feedback’😀


One Comment on “Berkomentar dalam sebuah blog, apakah ada etikanya?”

  1. salatiga2012 says:

    Wah banyak juga ya peraturannya, tapi jadi bisa belajar sopan santun berkomentar.😉


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s